etika keperawatan

Jumat, 19 Desember 2014

Role play pada massa

Role play penyuluhan tentang waspada demam berdarah

Pagi itu di Desa Banyumanik Rt 01 Rw 05 Kota Semarang tepatnya tanggal 18 Desember 2014 di adakan sebuah penyuluhan tentang demam berdarah, kebetulan yang memberi penyuluhan adalah mahasiswa Politeknik Kesehatan Semarang.
Perawat           : “Assalamualaikum… selamat pagi pak, bu.”
Masyarakat     : “Waalaikumsalam… pagi juga mbak.”
Perawat           : “Bagaimana pak, bu, kabarnya hari ini?”
Masyarakat     : “Alhamdulillah baik mbak.”
Perawat           : “Baiklah pak, bu, sebelumnya terima kasih atas waktu dan di tempat yang di berikan kepada kami. Kami mahasiswa dari Politeknik Kesehatan Semarang yang di sini kami akan memberi penyuluhan tentang “Bahaya di gigit nyamuk”. Nah, di sini kami fokuskan pada bahaya demam berdarah. Yang akan kami bahas disini meliputi : apa itu demam berdarah?, ciri-ciri orang yang terjangkit penyakit demam berdarah, kemudian yang terakhit cara pencegahan penyakit demam berdarah. Sebelum penyuluhan kami mulai kami akan memperkenalkan diri terlebih dahulu.
Saya perawat Dwi safitri
Saya perawat Erika Ana Pratiwi
Saya perawat Yusnil Khotim
Saya perawat Dewi Masruroh
Saya perawat Bunga Arum Yuningtias”
Perawat : “bapak-bapak, Ibu-ibu, ada yang tau tidak tentang penyakit demam berdarah itu apa? Nanti kalau yang jawabannya benar saya beri sesuatu”
Masyarakat : “(Menggangkat tangan), saya mbak..”
Perawat : “ohh,, iya bapak silahkan.”
Masyarakat : “setau saya ya mbak, hmmm… penyakit demam berdarah itu penyakit yang di sebabkan oleh virus… virus… virus… hmmmm… apa ya mbak? Saya kok lupa!! (merasa malu).”
Perawat : “virus apa pak?, coba di ingat-ingat lagi pak. Mungkin ada yang ingin berpendapat lagi?”
Masyarakat : “terima kasih waktunya ya mbak, penyakit demam berdarah itu, kalau nggak salah, penyakit demam berdarah itu penyakit yang di sebabkan oleh virus Aides Aegypti yang biasanya penyakit ini itu di temukan di daerah yang tropis ataupun yang subtropics”
Perawat : “wahhhh,,, bapak benar!!!. Jadi penyakit demam berdarah itu penyakit yang di sebabkan oleh virus aides aegypty yang biasanya penyakit ini itu di temukan di daerah tropis seperti Negara kita ini dan di Negara subtropics.”
Perawat : “kemudian gejala dari orang yang terjangkit penyakit demam berdarah itu dapat di kenal dengan mudah. Biasanya orang yang terjangkit penyakit demam berdarah itu demam tinggi  selam 2 hari sampai 7 hari, kulit tampak bintik-bintik merah, berkeringat dingin, terkadang juga sakit kepala berat, terkadang juga merasa nyeri di bagian belakang mata, mual dan muntah. Jadi jika bapak, ibu atau anak bapak/ibu mengalami gejala yang sama seperti apa yang saya jelaskan tadi bapak/ibu bisa untuk segera bertindak atau segera di bawa ke rumah sakit terdekat.”
Masyarakat : “iyya mbak…”
Perawat : kemudian untuk pencegahan penyakit demam berdarah sendiri itu bisa di lakukan dengan beberapa metode yang tepat yaitu baik secara lingkungan, biologis dan kimiawi. Namun ada cara yang palg efektif ya pak, bu, yaitu dengan istilah 3M Plus yaitu dengan cara : a) menguras : menguras yang di maksud di sini yaitu dengan menguras tempat-tempat penampunagn air, seperti bak mandi, ember virus dan vas bunga, tempat minum burung dan lain-lain. b) menutup : yang di maksud menutup disini yaitu menutup rapat-rapat penampungan air seperti ember, gentong, drum, dan lain-lain. c) mengubur : yang di maksud mengubur di sini itu semua barang-barang bekas yang di sekitar rumah yang dapat menampung air hujan.
Untuk yang plusnya itu pencegahan berupa, misalnya : mosquito net, laution anti nyamuk, obat pembrantas nyamuk. Dan lain-lain .
Masyarakat : ohhh,,, ternyata begitu to mbak?
Perawat : “iya pak, bu. Jangan lupa di praktekin ya pak bu.. apa ada pertanyaan pak, bu?”








1 komentar:

  1. Assalamualaikum kak, saya ingin izin memakai naskah nya untuk pengerjaan tugas, terimakasih

    BalasHapus