etika keperawatan

Jumat, 12 Desember 2014

Pidato Bahaya Merokok Bagi Diri Kita

Assalamualaikum wr.wb
Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.
Yang terhormat ibu Dra. Estu Asih, S.Kom, M.Kes selaku dosen pembimbing mata kuliah bahasa Indonesia dan tak lupa pula teman-teman tingakat satu yang saya sayangi dan saya banggakan.
Tiada kata yang pantas untuk di ucapkan kecuali puji syukur kehadirat tuhan yang maha esa yang telah melimpahkan segala rahmat taufik dan hidayahnya kepada kita semua. Sehingga kita masih mendapat nikamat dan anugrah terindahnya yaitu kesehatan, kebahagiaan dan kita dapat berkumpul tanpa halangan suatu apapun.
Sebelumnya terima kasih atas waktu yang di berikan kepada saya, di sini saya akan sedikit mengurai tentang bahaya rokok bagi diri kita.
Hadirin yang berbahagia...
Rokok bukanlah hal yang asing ya buat kalangan kita, karena hampir setiap detik, menit, jam dan harinya pastinya kita jumpai orang yang sedang merokok, bahkan banyak orang yang tau akan bahaya asap rokok, tetapi fakta di lapangan jarang sekali orang yang peduli tentang hal itu.
Rokok adalah benda beracun yang member efek santai dan sugesti yang merasa lebih jantan. Padahal sebaliknya, bukan merasa lebih jantan dan gentlemen tetapi hanya banyak bahaya yang di dapat dari rokok yang dapat berujung kepada kematian yang akan kita peroleh nanti.
Hadirin yang berbahagia...
Saya rasa kita semua sudah tau tentang bahaya merokok ya,  sebab di setiap bungkus rokok yang beredar sudah begitu jelas dan iklan-iklan yang beredar, tetapi banyak orang yang menyepelekan hal tersebut. Dan seakan-akan mereka menutup mata akan peringatan yang menakutkan itu. Di mulai yang awalnya hanya sekedar mencoba-coba saja dan  lama-kelamaan rokok itu akan menimbulkan efek ketergantungan yang sulit di lepaskan diri dari rokok. Di dalam rokok sendiri itu mengandung lebih dari 4 ribu zat dan 2 ribu dari zat tersebut di nyatakan tidak baik bagi kesehatan kita, diantaranya bahan radio aktif polonium 201 dan bahan yang di gunakan di dalam cat, pencuci lantai, racun serangga, dan masih banyak lagi. Dan zat yang paling berbahaya adalah tar, nikotin, dan karbon monoksida. Tar sendiri mengandung kurang lebih 43 bahan yang menjadi penyebab kanker. Tar dan asap rokok sendiri merangsang jalan nafas, dan tar sendiri akan tertimbun di saluran pernafasan yang menyebabkan batuk-batuk dan sesak nafas. Tar yang menempel di jalan nafas menyebabkan kaker jalan nafas, lidah/bibir. Nikotin sendiri mempunyai zat dalam rokok yang dapat menyebabkan ketagihan, ini merupakan salah satu penyebab mengapa seorang perokok itu sulit untuk berhenti merokok. Nikotn merangsang bangkitnya tekanan darah  yang erat dengan terjadinya serangan jantung. Pembakaran rokok yang kurang sempurna pada rokok yang membara menghasilkan karbon monoksida dan darah orang yang kemasukan karbon monoksida akan berkurang daya akutnya bagi oksigen, dan itu dapat menyebabkan orang meninggal dunia karena keracunan karbon monoksida.
Hadirin yang berbahagia...
Bukan hanya bahaya rokok, asap yang di hasilkan rokokpun dapat menyebabkan polusi udara yang tentunya berdampak bagi kehidupan makhluk di bumi dan itu dapat memicu global warming.
Mari kita katakana No Smoking, peringatkan diri anda dan orang di sekitar anda. Mari belajar berhenti merokok. Mari hidup sehat tanpa merokok, badan sehat, hati tenang, pikiran jernih dan lingkunganpun bebas asap rokok. Jadilah generasi penerus bangsa yang the best untuk negeri ini.
Akhir kata, semoga apa yang saya uraikan bermanfaat bagi kita semua. Jika ada kata-kata yang kurang berkenan di hati hadirin sekalian saya mohon maaf,
Wassalamualaikum wr. wb.




By Yusnil Khotim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar